SELAMAT DATANG DI GREAT BUTON WEBLOG

Weblog ini akan memperkenalkan kepada anda tentang keeksotikan daerah-daerah di Buton dari sisi kebudayaan, tradisi, kesenian, dan alam. Buton yang dimaksud ialah Buton secara umum yang meliputi Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Buton Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.
| 1 komentar ]


Wabula merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Buton yang memiliki segudang potensi wisata yang sangat menarik. Selain menyimpan eksotika wisata bawah lautnya, di Wabula juga terdapat beberapa pantai yang sangat unik dan indah, salah satunya yakni pantai lahunduru yang terletak di daerah paling ujung dari Kecamatan Wabula dan berjarak sekitar 26 Km dari Ibukota Kabupaten Buton.
Keunikan dari pantai lahunduru dibandingkan pantai-pantai lainnya yakni adanya ribuan keong yang menghuni pantai ini. Jika di sebagian besar pantai lain yang tersisa dari keong hanyalah cangkangnya namun tidak demikian dengan pantai lahunduru ini.
Di pantai ini ribuan keong hidup mengitari tepian pantai, jika diibaratkan manusia keong-keong ini merupakan penduduk asli yang menghuni dan menguasai pantai ini. Kebanyakan dari keong-keong ini bentuknya cukup kecil dan tidak lebih dari ibu jari orang dewasa serta menyebar di seluruh tepian pantai. Oleh sebab itu kita harus sedikit berhati-hati ketika berjalan di sepanjang pantai ini.
Keunikan lain dari pantai lahunduru yakni di daerah ini tidak memperbolehkan semua orang untuk memancing ikan di tempat ini, sebab kawasan laut lahunduru merupakan wilayah konservasi adat Desa Wasuemba Kecamatan Wabula yang oleh masyarakat adat setempat di sebut dengan daerah “OMBO”.
Itulah sebabnya keindahan pantai dan terumbu karang serta ekosistem dipantai dan laut Lahunduru masih asli dan tetap terjaga. Pemberlakuan daerah “OMBO” di laut lahunduru sudah berlangsung lama dan inilah yang menjadi alasan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun untuk menjadikan daerah Lahunduru menjadi daerah destinasi wisata di Kecamatan Wabula. Menurut Bupati Buton jika Pantai lahunduru di kelola dengan baik, kedepan di prediksi akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan dari Kabupaten Buton.
(www.butonkab.go.id)


Read more: http://www.butonpos.com/suara-buton/pantai-lahunduru-destinasi-wisata-wabula#ixzz3oZI0ojHT

1 komentar

Wisata Dieng mengatakan... @ 20 Desember 2016 21.30

wahh keren banget nih postingannya


liburan ke dieng aja : Paket Wisata Dieng

Visit and Enjoy Dieng Plateau : Paket Wisata Dieng

Posting Komentar