SELAMAT DATANG DI GREAT BUTON WEBLOG

Weblog ini akan memperkenalkan kepada anda tentang keeksotikan daerah-daerah di Buton dari sisi kebudayaan, tradisi, kesenian, dan alam. Buton yang dimaksud ialah Buton secara umum yang meliputi Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Buton Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.
| 0 komentar ]



Taman Nasional Wakatobi seluas 1.390.000 hektar memiliki potensi sumberdaya alam laut yang bernilai tinggi, baik jenis dan keunikannya, yang menyajikan panorama bawah laut yang menakjubkan. Secara umum, perairannya mempunyai konfigurasi mulai dari datar, melandai ke arah laut, dan bertubir curam. Kedalaman airnya bervariasi hingga mencapai 1.044 meter dengan dasar perairan sebagian besar berpasir dan berkarang.

Taman nasional ini memiliki 25 buah gugusan terumbu karang dengan keliling total pantai sepanjang 600 km. Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili dijumpai di sini di antaranya:
- Acropora formosa,
- Hyacinthus,
- Psammocora profundasafla,
- Pavona cactus,
- Leptoseris yabei,
- Fungia molucensis,
- Lobophyllia robusta,
- Merulina ampliata,
- Platygyra versifora,
- Euphyllia glabrescens,
- Tubastraea frondes,
- Stylophora pistillata,
- Sarcophyton throchelliophorum, dan
- Sinularia spp.

Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias di antaranya:
- argus bintik (Cephalopholus argus),
- takhasang (Naso unicornis),
- pogo-pogo (Balistoides viridescens),
- napoleon (Cheilinus undulatus),
- ikan merah (Lutjanus biguttatus),
- baronang (Siganus guttatus),
- Amphiprion melanopus,
- Chaetodon specullum,
- Chelmon rostratus,
- Heniochus acuminatus,
- Lutjanus monostigma,
- Caesio caerularea, dan lain-lain.

Selain itu terdapat beberapa jenis burung laut seperti:
- angsa-batu coklat (Sula leucogaster plotus),
- cerek melayu (Charadrius peronii),
- raja udang erasia (Alcedo atthis);

Terdapat tiga jenis penyu yang sering mendarat di pulau-pulau yang ada di taman nasional yaitu penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).



Pulau Hoga (Resort Kaledupa), Pulau Binongko (Resort Binongko) dan Resort Tamia merupakan lokasi yang menarik dikunjungi terutama untuk kegiatan menyelam, snorkeling, wisata bahari, berenang, berkemah, dan wisata budaya.

Taman Nasional Wakatobi dapat dicapai melalui :
Kendari - Bau-bau (kapal cepat regular, dua kali/hari, 5 jam atau kapal kayu, 12 jam) - Lasalimu (berkendaraan , 2 jam) -Wanci (kapal cepat, 1 jam atau kapal kayu 2,5 jam). Wanci merupakan pintu gerbang pertama memasuki kawasan Taman Nasional Wakatobi.

Waktu yang disarnakan untuk berkunjung adalah bulan April s.d. Juni dan Oktober s.d. Desember.

0 komentar

Posting Komentar