SELAMAT DATANG DI GREAT BUTON WEBLOG

Weblog ini akan memperkenalkan kepada anda tentang keeksotikan daerah-daerah di Buton dari sisi kebudayaan, tradisi, kesenian, dan alam. Buton yang dimaksud ialah Buton secara umum yang meliputi Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Buton Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.
| 0 komentar ]



SM Buton Utara terletak pada ketinggian 0-600 m (dpl). Topografi datar, landai bergelombang hingga berbukit-bukit, dengan kelerengan 0-30%. Jenis tanah mediteranian dan podzolik merah kuning, di beberapa tempat sering dijumpai batu karang atau coral, dengan top soil tipis. Tipe iklim C, musim hujan biasanya jatuh pada bulan Januari-Juni dan musim kemarau pada bulan Juli-Desember dengan curah hujan tahunan sebesar 2.286 mm, dengan jumlah hari hujan rata-rata 106 hari. Suhu tertinggi mencapai 34°C, suhu terendah hingga 22°C, dengan kelembaban sebesar 80 %.
Kawasan konservasi jni memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan yang cukup tinggi. Jenis-jenis tumbuhan yang ditemukan antara lain dolipo (Terminalia copelandil), soni (Dillepia megalantha), gito-gito (Diospyros pilosenthera), cendrana (Pterocarpus indicus), kaba (Canangium odoratum), bengkali (Anthocephallus indicus), Kenari (Canarium vulgaris), Bintangur (Dillenia serrata), dao (Dracontomelon dao), dan beberapa jenis anggrek (Acanthepipium sp, Bulbophyllum sp, Dendrobium sp, dan Eria floribunda).
Sedangkan satwaliar yang berhabitat dalam kawasan antara lain: anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis), anoa pegunungan (B. quarlesi), rusa (Cervus timorensis), monyet Buton (Macaca brunnences), kus-kus (Phalanger sp.), dan maleo senkawor (Macrocephalon maleo).
Kekayaan jenis flora dan fauna ini didukung oleh tipe ekosistem yang ada, yaitu hutan bakau, hutan pantai, hutan dataran rendah, dan hutan pegunungan rendah.

0 komentar

Posting Komentar